10 Hal Penting Untuk Diketahui Oleh Praktisi Homeschool

sumber
sumber gambar: spicie.com

Tulisan ini disadur dari website http://www.hsclassroom.net/10-things-every-new-homeschooler-needs-to-know/ yang menuliskan 10 hal penting mengenai homeschool (HS) bagi para praktisinya terutama yang baru bergabung seperti kami. Sengaja tulisan ini diposting di blog ini sebagai pengingat untuk kami sendiri.

10 hal yang perlu diketahui oleh praktisi HS baru diantaranya:

 

  1. Tidak ada kurikulum yang sempurna– Jangan membuang waktu untuk mencari kurikulum yang sempurna karena tidak ada dimanapun. Anda akan menemukan metoda yang lebih baik daripada yang lainnya namun tidak ada yang benar-benar sempurna dan mungkin membutuhkan modifikasi disana-sini.
  1. Hubungan keluarga lebih penting daripada buku– Kadang penting untuk menepikan buku-buku dan berusaha memperbaiki/meningkatkan hubungan. Homeschooling adalah gaya hidup keluarga, bukan sekedar bentuk lain dari sekolah.
  1. Lakukan apa yang terbaik untuk keluarga– Fokus pada apa yang kita lakukan dan jangan terjebak pada pembandingan.
  1. Bersedia untuk membiarkan beberapa hal– Akan sangat menantang (sulit) untuk memiliki rumah yang terdekorasi sempurna, rumah yang bersih tanpa cacat, cucian yang beres dan makanan sehat di atas meja setiap hari. Tidak apa-apa untuk membiarkan satu atau beberapa hal. Karena itu tidak berarti kita telah gagal sebagai ibu/ayah, istri/suami, atau guru.
  1. Fleksibel saja– Simpanlah buku-buku jika ada teman menelepon dan mengundangmu untuk piknik. Bersiaplah untuk menjadi spontan dan fleksibel karena bisa jadi itu akan menjadi hari pembelajaran terbaik.
  1. Tentukan tujuan– Bagaimana kita mengetahui sejauh mana kita sudah bergerak jika kita tidak tahu darimana kita mulai?
  1. Tuliskan pernyataan misi– Tuliskan jawaban-jawaban dari pertanyaan “mengapa?” anda. Ini akan sangat berguna saat menghadapi hari-hari yang melelahkan yang banyak dihinggapi pertanyaan, “Mengapa saya melakukan ini?”
  1. Terbuka pada kritik– tidak semua orang akan setuju dengan keputusan kita melakukan HS. Percaya dirilah bahwa kita telah membuat keputusan terbiak dengan memilih HS.
  1. Semua orang akan mengalami saat dimana mereka merasa menyerah– Memang benar, ada beberapa titik dalam kehidupan praktisi HS yang membuat mereka seakan mau melempar handuk saja.
  1. Bersenang-senanglah saat belajar dengan keluarga, namun tidak semua pelajaran harus menyenangkan– Beberapa hal dalam hidup harus dilakukan terlepas apakah itu menyenangkan atau tidak. Hal yang sama terjadi juga di sekolah. Kadangkala kita harus bersiap dan melakukan hal yang berat.

Kalau Anda belum memulai homeschooling, pertanyaan saya, siapkah untuk memulai? Karena ternyata memulai HS itu tidak berat dan tidak perlu khawatir akan banyak hal. Yang penting paham apa yang harus dilakukan dan bagaimana memulainya.

Kalau sudah memulai HS, nikmati perjalanannya. Galau akan selalu ada. Dalam blog ini, ada beberapa tulisan tentang tantangan awal HS yang ditulis oleh Anne. Silakan disimak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.