Archery with Oase

Salah satu jalan untuk membentuk karakter anak adalah melalui olahraga. Lewat olahraga, selain membiasakan hidup sehat, juga melatih jiwa disiplin, sportifitas, konsentrasi, ketangkasan, kepekaan jiwa dan banyak lagi. Untuk itu, saya senang sekali ketika anak-anak sangat antusias pada kegiatan olahraga.

Ada beberapa cabang olahraga yang mereka ikuti. Namun kali ini, saya ingin berbagi tentang kegiatan MEMANAH atau ARCHERY.

Kenapa memilih Archery? Salah satu alasan kami, karena Rasulullah SAW bersabda dalam beberapa hadits yang dinilai shahih, antara lain:

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i).

Shahabat Rasul, Umar bin Khattab juga pernah berkata: “Ajari anak-anakmu berenang, memanah dan naik kuda”.

Ternyata, kakak-kakak coach juga mengatakan, olahraga memanah ini banyak sekali manfaatnya, seperti melatih ketepatan dan fokus, melatih kekuatan otot bahu, dada dan lengan, melatih konsentrasi dan kesabaran. Wah, Masya Allah, itulah mengapa Rasulullah SAW mengutamakan 3 olahraga ini, memanah-berenang-berkuda.

Oya, Naufal dan Kayyisha sudah ikut kelas berenang juga di Rockstar Gym dengan panduan coach Victor Hugo. Jadi tinggal berkuda saja yang belum, nih.

IMG_3836

Kegiatan memanah ini sudah berlangsung sekitar satu bulan. Dan Rabu kemarin, saatnya anak-anak dievaluasi hasil latihan selama beberapa minggu terakhir, atau istilahnya SCORING. Target memanah mereka dievaluasi dan dinilai. Mereka masih ada di tahap paling awal, dengan jarak kalau tidak salah hanya 5 meter.

Dan hasil scoring Naufal kemarin adalah 103, cukup lumayan pencapaiannya. Saya tidak tahu score Kayyisha, karena dia lupa ;p, tapi kabarnya dia berhasil mencapai papan target warna kuning satu kali. Alhamdulillah, ini kemajuan besar karena biasanya power Kayyisha masih lemah, kadang sasarannya belum sampai board.

IMG_3869

Asyiknya lagi, Naufal dan Kayyisha latihan bersama teman-teman Klub Oase dengan Archery Team dari Jagakarsa. Pokoknya seru banget, deh. Meski harus berangkat saat masih gelap menuju Cipinang, aktivitas ini selalu berkesan buat kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.