Berkuda dan Memanah di Branchsto, Ranch & Resto

 

branchstoMau kemana liburan akhir tahun? Saya dan keluarga sih nggak ada agenda liburan yang spesifik. Suami nggak ambil cuti dan biasanya saat musim liburan kami menghindari keramaian. Nanti begitu liburan anak sekolah usai, baru deh saya dan anak-anak berlibur. Hehehe.

 

Weekend kemarin, saya mengajak anak-anak jalan-jalan keliling Tangsel aja. Nggak jauh-jauh karena waktunya memang pendek. Kami browsing-browsing, di area Tangsel ini memang ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi anak-anak. Salah satunya Branchsto.

Branchsto merupakan tempat wisata yang berkonsep ranch dan resto. Jadi di sini, kita bisa makan-makan dan olahraga ala Rasulullah, yaitu berkuda dan memanah. Dan buat kamu yang tinggal di Tangsel, lokasi Branchsto ini dekat, yaitu di Bintaro.

Kami ke sini awalnya karena memang karena ingin mengajak anak-anak berkuda. Dan ini yang kami temukan paling dekat dari lokasi kami yang tinggal di BSD. Cuss deh langsung ke Bintaro, yang hanya ditempuh sekitar 15 menit hingga tiba di Branchsto.

Resto dan Cafe Branchsto

branchsto ranch resto

Tepat waktunya makan siang, kami makan dulu. Menu restonya terbilang biasa, nggak aneh-aneh. Dan memang ini yang dicari. Kalau menunya aneh-aneh, kami pasti lebih hati-hati mengecek apakah halal atau nggak. Tapi karena yang kami makan seputar ayam goreng, ikan goreng dan sop iga, sepertinya insya Allah aman.

Memang, disana ada beberapa menu lain. Beragam masakan ayam, bebek dan ikan. Minuman segar. Tapi anak-anak saya bukan tipe food adventure. Saya juga lagi kepingin masakan yang standar, alhamdulillah ada.

Arena Berkuda

berkuda-di-branchsto

Setelah makan, kami shalat dzuhur dan barulah berkeliling farm. Branchsto punya koleksi beberapa kuda kalau gak salah jumlahnya 20-an, yang terdiri dari kuda poni, kuda lokal dan kuda impor. Iya, kuda impor ini yang ukurannya tinggi besar, gagah dengan kaki besar dan berbulu. Cantiiik banget.

Anak-anak saya sempat menunggangi kuda gagah ini. Dan anak-anak yang lebih kecil bisa menunggangi poni-poninya lho. Saya juga kepingin sih, naik poni…kalo gak inget umur. Tapi kasihan poninya ntar nggak bisa jalan karena keberatan penumpang, hehe.

horse riding branchsto

Di sini, selain untuk kuda tunggang, mereka membuka juga kelas berkuda. Kita bisa belajar berkuda dengan biaya 250K/kedatangan. Lumayan mihil yaa. Ya memang, investasi untuk belajar berkuda cukup besar. Tapi kalau ingin berkuda tunggang, cukup merogoh kocek sebesar 50Kuntuk kuda besar, dan 25K untuk kuda poni.

Archery

Selain berkuda, kita bisa mencoba olahraga ala Rasulullah yang lain, yaitu memanah. Untuk yang ini, saya, suami dan anak-anak semua mencoba. Hanya saja, saya kalah telak dengan anak-anak yang sudah lebih mahir memanah. Iya, mereka pernah belajar archery lebih serius sebelumnya bersama Klub Oase dan Al Fath Archery Club Depok.

Biaya memanah di Branchsto adalah 35K selama satu kali rambahan (10 anak panah). Disediakan busur panah khusus dewasa dan anak-anak dan pelatih yang akan memberi arahan buat para pemula.

branchsto archery

Karena Naufal dan Kayyisha pernah belajar memanah sebelumnya, jadi mereka sudah menggunakan busur yang besar dengan jarak papan rambahan sama seperti dewasa. Dan saya mah kalah telak, anak panah yang saya lontarkan melenceng malah keluar papan terus. Wkwkwwk. Sudahlah, memang harus belajar serius untuk yang satu ini. Suami jadi tertarik belajar panahan dan katanya ingin punya busur panah buat latihan di rumah.

Begitulah, Branchsto lumayan lah ya buat yang nggak bisa liburan jauh-jauh. Dengan jarak tempuh dekat, biaya yang keluar juga nggak banyak. Kita bisa mengajak anak-anak liburan tanpa harus ke mall.

Memanah dan berkuda, merupakan dua dari olahraga yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Termasuk juga berenang. Manfaat ketiga cabang olahraga ini sangat besar, karena tidak hanya meatih fisik, namun juga membangun karakter.

Kekuatan, ketenangan, konsentrasi, keberanian adalah beberapa hal yang bisa dibangun lewat belajar memanah, berkuda dan berenang. Lebih lanjut tentang memanah, pernah saya tulis sebelumnya di Memanah, Bukan Sekedar Melepaskan Anak Panah.

branchsto-kuda-poni

Buat teman-teman yang ingin mencoba berkuda dan memanah, bisa mengunjungi Branchsto yang berlokasi di Jl. H. Rasam no. 10, Pondok Aren-Bintaro, Tangerang Selatan. Waktu buka: Selasa-Minggu jam 08.00 – 18.00 WIB. Hari Senin mereka libur dan arena berkuda & memanah tutup pada jam makan siang (11.00 – 13.00 WIB).

6 thoughts on “Berkuda dan Memanah di Branchsto, Ranch & Resto

Leave a Reply

Your email address will not be published.