Evaluasi Homeschooling 2016 dan Resolusi 2017

jurnal homeschoolingAwal tahun 2017 merupakan reminder buat saya sebagai manager kegiatan anak-anak dalam homeschooling, yaitu membuat evaluasi selama satu tahun ke belakang dan menyusun target satu tahun ke depan.

Kami melakukannya di awal tahun, karena memang bertepatan dengan awal kami memulai menjadi keluarga homeschooler. Sebelumnya, anak-anak yang sempat bersekolah di Australia memang menghabiskan tahun ajarannya di bulan Desember. Tidak seperti di Indonesia yang berakhir di bulan Juni.

Tahun 2017 ini tepat homeschooling kami berulang tahun ke-3. Selama tiga tahun sudah kami menjalankan HS dengan penuh cerita bagaikan roller coaster. Banyak cerita, suka, bahagia, tangis, bingung dan sebagainya.

Buat kami, target dan evaluasi homeschooling ini cukup penting, karena dari sana kami bisa menilai sejauh mana kami sudah membuat progress dan apakah target yang kami susun sebelumnya sudah tercapai atau tidak.

Bagaimana Membuat Evaluasi Homeschooling?

Menurut saya, tidak ada aturan baku untuk membuat evaluasi homeschooling. Apakah mau seperti rapor sekolah, silakan. Mau bentuknya deskripsi, silakan. Saya sendiri membuat evaluasi anak-anak dalam bentuk diary. Tidak dibuat serius. Yang penting, ada catatan yang bisa kami baca dan bahas bersama-sama.

Sebelumnya, saya pernah meminta Naufal untuk menuliskan sendiri evaluasinya, apa yang menurutnya sudah berhasil dicapai dan apa target selanjutnya. Bisa dibaca di postingan My Homeschool Activity.

Dalam membuat evaluasi ini, saya tidak hanya memfokuskan pada kegiatan anak-anak, tapi juga pada kegiatan orangtua. Karena dalam homeschooling, kami merasakan proses tumbuh dan belajar bersama di antara masing-masing anggota keluarga.

Setiap harinya, kami sebenarnya membuat evaluasi harian juga, namun untuk di akhir tahun, saya mencoba membuat rangkuman singkatnya saja. Jadi untuk membangun target berikutnya, akan lebih mudah. Bagian-bagian yang dirasa belum memenuhi target, kami lanjutkan kembali. Kalau yang sudah baik, tentunya harus dipertahankan yaa.

diary of a homeschooler

Karena dalam kegiatan sehari-hari saya biasa menuliskan laporannya dalam bentuk diary, jadi kegiatan yang dievaluasi pun terkait apa yang saya tuliskan di sana. Saya tidak menuliskannya berupa angka, melainkan deskripsi singkat saja. Dan aspek yang dilihat juga cukup beragam, terkait kegiatan keseharian.

Evaluasi Homeschooling Naufal & Kayyisha di Tahun 2016

Berikut adalah rangkuman evaluasi homeschooling yang saya susun bersama suami, kemudian disampaikan kepada anak-anak untuk menjadi bahan belajar untuk kami lanjutkan di tahun 2017 ini.

evaluasi homeschooling

 

Resolusi Tahun 2017

Tahun 2017 ini merupakan lompatan yang cukup besar bagi keluarga kami, karena cukup banyak kejadian dan perubahan baik secara fisik maupun mental.

Secara fisik, insya Allah di tahun 2017 kami akan pindah rumah. Dan saat ini kami masih mempersiapkan rumah baru yang tentu saja menyedot sebagian perhatian. Ada beberapa mimpi yang sedang kami bangun kalau kelak kami pindah ke sana. Mimpi terbesar saya dan suami adalah ingin membuat sebuah Study Club dan Rumah Baca yang diperuntukkan bagi warga sekitar rumah.

Saya juga ingin mulai praktik dokter gigi lagi, yang pastinya it will take loads of energy and preparation as well.

Secara mental, kami ingin mengubah banyak hal. Yang paling besar yang ingin kami kejar adalah disiplin waktu dan konsisten terutama dalam ibadah dan kerja keras. Suasana negeri ini sedang penuh cerita, yang membuat kami harus banyak berpikir, banyak berdiskusi untuk menguatkan komitmen satu sama lain. Dengan menuliskannya dan meletakkan vision board ini di hadapan (di depan meja kerja masing-masing) menjadikannya sebagai pengingat.

Namun, sebelum melangkah ke sana, kami mencoba melakukan beberapa target kecil untuk pribadi masing-masing. Nah, resolusi tahun 2017 kami terangkum dalam gambar berikut.

family-goal

Resolusi ini sesungguhnya tampak cukup tinggi buat kami, karena dalam setiap visi yang dituliskan di sana, misi yang disusun lumayan banyak. Kami mencoba menaikkan tantangan, mencoba apakah kami bisa. Dan di akhir tahun nanti, akan kami evaluasi kembali.

It takes courage to reach your dreams. Otherwise, you go nowhere (Anne Adzkia). 

 

 

3 thoughts on “Evaluasi Homeschooling 2016 dan Resolusi 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.