Quality Family Time di Surganya Nusa Dua Bali

Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya dalam tulisan Perlengkapan Wajib Saat Travelschooling, saya sekilas cerita tentang perjalanan kami ke Bali. Saat itu, kami belum menjadi keluarga homeschooler dan masih tinggal di Australia. Perjalanan ke Bali murni hanya liburan, yang ternyata membawa banyak cerita karena Kayyisha sakit.

Bicara tentang Bali, pulau ini merupakan pulau di Indonesia yang paling banyak dikunjungi untuk alasan wisata. Gaungnya terdengar hingga ke benua yang terjauh dari negeri kita. Wisatawan lokal pun banyak yang sudah ke sana, hingga lebih dari sekali. Saya dan keluarga baru sekali ke sana, dan sebetulnya masih penasaran dan ingin kembali mengunjungi Bali dengan misi travelschooling.

Ya, Bali memang pulau eksotis yang menarik wisatawan hingga rela mengunjunginya beberapa kali. Mungkin, bagi wisatawan yang sering berlibur ke Bali, sudah terbiasa dengan segala hal yang ada di pulau itu. Pantainya, hotelnya, tempat-tempat wisatanya, budayanya, dan lain-lain. Sehingga perlu ada satu tempat berbeda, yang dapat memberikan pengalaman baru yang lebih menyenangkan.

Sebutlah Nusa Dua, salah satu area di Pulau Dewata yang menyajikan banyak pemandangan indah dan petualangan menyenangkan bagi para wisatawan. Dan ya, cocok juga untuk dijadikan media belajar karena bagi anak-anak pengalaman baru yang berhubungan dengan pantai dan budaya akan sangat menarik. Nusa Dua memang salah satu surganya Bali. Taman-taman yang indah, pantai yang bersih, hotel berbintang dengan beragam fasilitas, tersedia di sana. Kami sendiri belum punya rencana untuk liburan lagi ke Bali. Namun, kalau ingin ke sana khususnya ke Nusa Dua, ada satu hotel yang spesial yang akan saya kunjungi.

Tepat di Lot N5 Tourism complex, Nusa Dua Bali, ada sebuah hotel dan resort bintang lima yang sangat direkomendasikan.Tempat ini adalah Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. Ya, tempat inilah yang ingin saya kunjungi kalau ke Bali nanti.

Kenapa? Karena Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort menawarkan semua kemewahan yang diimpikan banyak orang. Hotel dan resort yang dibangun di atas lahan seluas 8 hektar itu memiliki taman tropis yang indah, berdesain modern dan sophisticated di setiap detil bangunan. Keistimewaan Hotel dan Resortini disempurnakan dengan lokasinya yang tepat berada di tepi pantai, memiliki Luxury Ocean View, yang memungkinkan kita dan keluarga dapat menikmati keindahan laut dari tempat yang cukup pribadi.

Selain memiliki fasilitas hotel dan resort pada umumnya, dengan pilihan berkelas dan terbaik. Keisitimewaan berikutnya adalah special untuk siapa saja yang berlibur bersama keluarga dan membawa serta anak-anak tercinta. Lihat deh gambar-gambar yang akan saya sajikan di sini.

sofitel nusa dua
dari sofitel.com

Di sana ada Cheeky Monkey Kids Club, sebuah areal bermain anak-anak yang aman dan menyenangkan. Terdapat kolam renang khusus anak-anak, juga ada reading room dengan koleksi buku yang bagus dan edukatif. Udara yang bersih karena berada dekat dengan pantai memberi keleluasaan bagi anak-anak untuk bergerak bebas dan sehat.

Ada satu tempat yang cocok untuk dijadikan area belajar tentang budaya. Di Cultural Activities, anak-anak bisa mengenal keragaman budaya dan menjadikan liburan kita bermuatan belajar yang menyenangkan juga. Di sana anak-anak bisa diperkenalkan cara membuat batik secara  tradisional. Juga ada aktifitas belajar tari Bali yang biasa diadakan dalam pertunjukan. Kegiatan tersebut memiliki jadwal hampir setiap hari.

cheeky-monkey
Cheeky Monkey Kids Club

Dalam memilih hotel atau resort, tentu kita harus menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan supaya liburan kita tidak sia-sia dan memuaskan. Nah, untuk itu, sebelum berangkat ke Bali, enaknya sih pilih-pilih dulu hotel yang akan digunakan dengan menggunakan aplikasi traveloka yang kini bisa dilakukan dengan jari di layar smartphone kita.

Lokasi Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort tidak jauh dari tempat wisata lainnya, yang diminati banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satunya adalah Museum Pasifika, letaknya tidak sampai 1 km, bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Museum ini merupakan tempat terkumpulnya benda-benda seni yang sangat berharga dan dari berbagai negara Asia – Pasifik.

Koleksinya mencakup lukisan, tekstil, patung dan beragam benda-benda seni lain. Tidak kurang dari 600 benda seni dari 200 orang seniman yang tersimpan di sini. Sebut saja, maetro pelukis Afandi dan Raden Saleh  yang karyanya terpajang di museum ini.

museum pasifika
Museum Pasifika (sumber gambar tribunnews.com)

Nah, buat kegiatan belajar lainnya ternyata kita bisa mengajak anak-anak wisata edukasi sambil memperkenalkan pelestarian hewan. Kita bisa berkunjung ke konservasi penyu yang dikenal dengan nama Turtle Education and Conservasion Center atau disingkat TCEC. Letaknya dari Sofitel Beach Resort sekitar 16 km, namun tidak memakan waktu tempuh yang lama karena bisa menggunakan akses jalan tol.

TCEC beralamat di Jalan Tukad Wisata, Kelurahan Serangan, Denpasar. Di sana ada tempat penetasan penyu, ada kolam eksebisi yang di dalamnya terdapat penyu-penyu dewasa. Pengunjung juga bisa melihat 6 jenis penyu yang berbeda-beda. Ini pasti seru dan bisa memberikan wawasan tambahan pada anak-anak.

Jika berkunjung sekitar bulan Juli-Agustus, wisatawan bisa melihat pengumpulan telur-telur penyu oleh tim TCEC. Atau sekitar 3-5 bulan berikutnya, artinya sekitar bulan November- Januari, bisa menyaksikan tukik-tukik atau anak-anak penyu dilepas secara bersama-sama ke tengah laut.

konservasi penyu bali
Pusat Konservasi Penyu (sumber gambar: indonesiakaya.com)

Selain dua tujuan wisata yang tadi disebutkan, masih banyak tempat wisata lain yang memiliki keunikan tersendiri.

Pada akhirnya tujuan wisata bukan hanya untuk menyenangkan hati semata, namun ada nilai tambah berupa ilmu pengetahuan baru dan informasi yang berbeda untuk diceritakan ketika pulang. Apalagi bagi teman-teman yang akan ber-travelschooling ke Bali, jangan lupa mampir ke Nusa Dua ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.