Jadwal Harian Naufal – Kayyisha

Membuat jadwal kegiatan anak-anak merupakan tantangan tersendiri dalam dunia homeschooling. Sebagaimana anak sekolahan yang mempunyai jadwal belajar, saya menerapkan jadwal ini semata-mata untuk menjadi panduan saya dan anak-anak beraktivitas sehari-hari.

Sejak kami meresmikan diri menjadi homeschooler, saya yang biasa membuat garis besar jadwal mereka sejak bangun tidur sampai kembali tidur. Walaupun dalam penerapannya tidak selalu stick to schedule, saat anak-anak bingung mau melakukan kegiatan, mereka bisa melongok ke jadwal yang kami tempel di ruang tengah.

Belajar menyusun jadwal ini, awalnya kami sesuaikan dengan teori yang pernah kami baca. Sebagaimana yang pernah juga ditulis oleh Wiwiet Mardiati tentang membuat jadwal anak HS, saya juga mencoba memasukkan jam-jam tertentu untuk anak-anak belajar formal, yang lamanya tergantung kemampuan anak.

Tapi, seiring dengan perkembangan mereka yang terus saya kondisikan untuk belajar mandiri, akhirnya anak-anak lebih suka membuat jadwal sendiri. Mereka lebih leluasa menyesuaikan dengan kondisi masing-masing. Dampaknya, mereka juga jadi lebih konsisten. Dan ternyata, mereka hampir tidak punya jadwal belajar formal.

Bahkan Naufal pernah bilang, “Jadwal yang dibuat Ummi nggak asyik.” Padahal kurang lebih aja isinya. Hanya, dengan membuat jadwal sendiri, mereka lebih bertanggung jawab terhadap kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Namun tentu saja, jadwal itu harus lewat ACC saya, apakah ada yang kurang atau terlalu banyak.

Seperti hari ini, kami baru saja merevisi jadwal harian. Urusan revisi ini lumayan sering dilakukan. Biasanya saat mereka sudah merasa bosan dengan ritme tertentu, perlu belajar sesuatu atau tidak lagi merasa perlu mempelajari sesuatu.

Contohnya, dalam jadwal sebelumnya, Naufal memasukkan agenda belajar Reading Skill. Tapi, ternyata dia malas mengerjakan worksheet Reading Skill lagi. Alasannya, too easy. Buang-buang waktu aja. #gaya. Baiklah, kita ganti jadwalnya dengan sesuatu yang lain atau dibiarkan kosong supaya dia bisa memperpanjang waktu belajar yang lain.

Berikut saya post jadwal belajar terbaru anak-anak. Kolom-kolom membagi waktu aktivitas pagi, sore dan malam. Jadwal ini sifatnya sementara, karena kami memang sering sekali membuat revisi. Bisa jadi hari in dibuat, bulan depan diganti untuk penyesuaian kembali. kayyisha schedule naufal schedule

Jadwal ini kami buat lima tahun lalu, ketika usia Naufal 10 tahun dan Kayyisha 7 tahun. Saat ini kami mempunyai fokus lain dalam berkegiatan. Untuk update terbarunya, silakan membaca tulisan: Mengatur Agenda Keseharian Homeschooling Kami.

7 thoughts on “Jadwal Harian Naufal – Kayyisha

    1. Kami pakai buku-buku apa aja yang ada di rumah, dari internet, dari perjalanan n interaksi sama orang-orang.

  1. assalamualaikum mb anne, salam kenal !
    tanya2 boleh ya mb.. nambah ilmu nih
    1. sosialisasi utk anak2 HS gimana ya mb? apa mereka ngg kehilangan moment bermain dgn teman2nya?
    2. ada bbrp HS ada di bawah naungan lembaga, apa harus begitu untuk legalitasnya?
    terima kasih sebelumnya..

    1. Wa’alaykumussalam wr wb
      Momen bermain nggak harus didapat di sekolah mbak. Anak2 saya malah bisa bermain di mana aja, lebih mudah berteman dgn teman baru. Mereka ttp punya sahabat sesama homeschooler.
      Lembaga mnrt saya model sekolah fleksibel, sementara homeschool itu home based education. Dimana ortu yg memanage kegiatan anak2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.