Outdoor Activity Ideas

Buat anak-anak homeschooling yang mempunyai prinsip “Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja” tentu membutuhkan kegiatan yang bervariasi, seru dan menyenangkan. Supaya nggak bosan.

Ruang kelas kita adalah alam, dindingnya tanpa batas. Kurikulumnya bisa berganti kapan saja, sesuka kita, yang penting membawa konsep belajar. Dan, belajar pun tidak selalu yang berhubungan dengan mata pelajaran sekolah, tapi tentang kehidupan.

Dalam postingan ini, saya ingin membagi beberapa inspirasi/ide untuk kegiatan outdoor, yang seru dan insya Allah bermanfaat. Anak-anak bisa belajar sambil tadabbur alam.

Simak ya.

1. Moonlit walk

Pasti seru ya, keluar malam-malam saat langit cerah. Melihat gugusan bintang dan cahaya bulan. Di sini kita bisa belajar tentang benda-benda langit, penanggalan Arab berdasarkan bulan, dan sebagainya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan tentunya cuaca, pakaian yang cocok dan menjaga tubuh dari terpaan angin dan bekal ilmu bagi para orang tua. Supaya kalau anak-anak banyak tanya, kita bisa menjelaskan.

2. Watch for wildlife

Naah, ini seru banget. Anak-anak paling suka deh kalau diajak jalan ke luar sambil mengamati hewan-hewan yang berkeliaran. Kadal, cecak, serangga, burung, sampai kucing. Makin seru lagi sih kalau ke kebun binatang, ya. Binatangnya lebih banyak.

3. Train station exploring

Jalan-jalan ke stasiun kereta, memperhatikan lalu lalang penumpang, membaca jadwal kereta, sambil cerita tentang dunia perkeretaapian. Seru banget pastinya.

Kalau kami pernah mengunjungi sebuah stasiun kereta bersejarah di kota kecil bernama Emerald (Australia) sewaktu kami tinggal di sana dan naik ke kereta tua yang sudah tidak beroperasi di town kecil bernama Blackwater.

4. Climb a tree

Manjat pohon itu seru, dan bisa buat anak lelaki dan perempuan. Pengalaman memanjat pohon bagi anak-anak itu berkesan banget lho. Apalagi kalau sambil memetik buah-buahannya.

5. Make a bird feeder

Tujuannya untuk mengundang burung-burung liar untuk mampir ke halaman rumah kita. Kita bisa membuatnya dari bahan-bahan bekas yang ada di rumah. Insya Allah info tentang ini menyusul yaa.

6. Make mud prints

Takut kotor? Jangan! Kotor-kotoran itu seru banget. Bikin aja kotor-kotoran yang bersih. Maksudnya, kita bikin lumpur sendiri dari tanah yang kita tahu bersih dan belum disinggahi hewan liar untuk buang air. Well, jangan harap bebas kuman lah yaa. Pastikan aja cuci tangan dan kaki sesudah main.

7. Make an adventure book

Biarkan anak membuat petualangannya sendiri bareng teman-temannya. Lalu minta mereka mencatat di sebuah buku khusus untuk record petualangan mereka.

8. Visit your local farmer and learn

Jalan-jalan ke sawah, ladang pertanian dan peternakan yang ada di lingkungan kita. Banyak ilmu di sana.

9. Look for animal track

Mencari jejak binatang itu seru banget. Apalagi kalau tempat tinggal kita dekat dengan hutan, kebun, sungai, dsb. Kita main detektif-detektifan hewan, macam Ace Ventura gitu deh. Lalu sambil mengklasifikasikan jenis hewannya. Boleh juga tuh pake peralatan dan kostum ala detektif. Biar makin seru.

IMG_2574
ketemu makhluk imut ini di pohon

10. Look for moss and mushrooms

Mencari lumut dan jamur, lalu mempelajarinya langsung itu memang asyik. Belajar langsung dari alam tentu lebih menyenangkan daripada hanya membaca buku atau melihatnya di televisi. Ambil beberapa sampel lumut dan jamur untuk diobservasi lebih lanjut di rumah.

11. Look for tadpole

Cari sebuah kolam, lalu perhatikan kecebong, atau larva nyamuk, atau binatang kecil di air lainnya. Jangan lupa membawa wadah untuk menyimpan dan menelitinya.

12. Determine from which tree the branch fell

Lewat aktivitas mencocokkan ranting yang jatuh dengan pohon asalnya, anak-anak juga bisa belajar tentang pepohonan, karakteristik dan fisiologinya.

IMG_2571
mengobservasi pohon

13. Compare rocks

Banyak sekali yang bisa dipelajari lewat bebatuan. Tentang asal usulnya, proses pembentukannya, membandingkan jenis bebatuan yang berbeda, dan lain-lain. Kalau saya dan anak-anak, pernah mengambil beberapa batu yang permukaannya halus lalu kami lukis. Hasilnya adalah lukisan batu yang cantik.

rocks
contoh lukisan di atas batu (sumber internet)

14. Climb a mountain or hills

Wah, ini petualangan seru banget. Banyak sekali hal positif yang diperoleh dengan mendaki gunung. Baca cerita saya di sini.

15. Put flower for mother’s day

Sebenarnya nggak harus saat hari ibu ya. Kegiatan ini bisa dilakukan kapan saja. Merangkai bunga, daun dan ranting menjadi suatu karya seni. Tapi ingat, jangan memetik bunga dari pepohonan. Carilah bunga yang sudah berguguran.

16. Playing in the rain

Whoaaaa…nggak ada yang nggak suka main hujan-hujanan. Ini kegiatan anak-anak paling seru. Hati-hati petir, ya.

17. Find caterpillars and attract butterflies with plants

Mencari ulat lalu memeliharanya di sebuah wadah sampai menjadi kupu-kupu itu seru banget.

IMG_2785
menemukan ulat imut

18. Garden tea party

Main piknik-piknikan di halaman belakang atau taman, sambil membawa bekal makanan. Lebih seru lagi kalau sebelumnya bermain sepeda keliling lingkungan rumah lalu berhenti di sebuah taman untuk minum teh.

19. Write a story outside

Biasanya kegiatan menulis atau menggambar banyak dilakukan di dalam rumah. Tapi kayaknya seru juga kalau dilakukan di luar rumah, di alam terbuka.

20. Painting landscape

Melukis pemandangan yang ada di hadapan kita, lalu karya anak-anak dipajang di rumah. Seruuu!

21. Garage sale

Pasti di rumah banyak barang yang nggak terpakai, seperti mainan anak-anak, peralatan-peralatan dapur, dan sebagainya. Ajak anak-anak untuk membuat garage sale. Saya pernah melakukannya, dan anak-anak bisa belajar konsep berdagang sekaligus berbagi. Karena dengan berjualan mainan, mereka harus rela melepaskan mainan lama mereka. Tahu kan anak-anak, biasanya susah melepas barang milik mereka meskipun nggak terpakai lagi.

22. Find worms

Mencari dan mempelajari tentang cacing tanah dan kegunaannya bagi kehidupan.

23. Treasure hunt/scavanger hunt

Orang tua perlu menyiapkan dahulu beberapa benda yang disembunyikan di halaman. Atau bisa juga ajak anak-anak untuk mencari sesuatu di taman, kalau menemukan benda yang berharga bisa disimpan. Misal batu yang bentuknya bagus. Alternatifnya adalah membersihkan area sekitar dari sampah, memungutnya, menyimpannya dalam kantong plastik lalu membuangnya.

24. Set up food or beverages stand in front of the house

Bisa dilakukan saat Ramadhan, nih. Jualan makanan untuk berbuka.

25. Create your own waterpark

Anak-anak diajak untuk membuat waterpark dengan wadah yang diisi air, membuat seluncuran dan bermain bersama boneka, mobil-mobilan atau robot kesayangan.

26. Play hopscotch, rubberband rope, badminton, etc

Melestarikan permainan tradisional.

27. Collecting leaves

Daun-daun yang bentuknya bervariasi bisa digunakan untuk membuat scrapbook, melukis, bookmark, dan sebagainya.

28. Make your own fossil or treasure

Beberapa minggu kemudian fossil atau harta karunnya bisa digali lagi dan dijadikan permainan seru.

 

Sebenarnya banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di luar rumah, bersama anggota keluarga atau teman-teman. Poin di atas hanya beberapa ide yang saya petik dari sebuah buku, dan saya kembangkan sendiri.

Selamat berkegiatan seru, teman-teman. ^^

 

One thought on “Outdoor Activity Ideas

Leave a Reply

Your email address will not be published.