Petting Zoo, Arena Bagi Pecinta Hewan

Jauh sebelum Kayyisha terjun ke dunia memasak dan menekuninya, dia sangat menyukai dunia binatang. Hingga kini, kecintaannya pada binantang memang sangat tinggi. Salah satu cita-citanya yang sejak dulu tidak pernah luntur adalah ingin menjadi vet atau dokter hewan.

(baca: Dunia Memasak Kayyisha)

Namun, karena mengeksplor dunia hewan ini nggak terlalu mudah buat kami (karena Kayyisha suka hewan-hewan mamalia tertentu seperti kucing dan singa), hingga passionnya untuk merawat hewan ini belum banyak tersentuh. Paling-paling dia diberi kesempatan untuk punya hewan piaraan seperti marmut, yang pernah mencapai 7 ekor, kelinci dan kucing.

petting zoo

Namun dalam proses travelschooling kami (baca: Apa Itu Travelschooling?), kami sering menyempatkan untuk mengunjungi lokasi-lokasi yang memiliki hewan terutama yang bisa disentuh atau dirawat.

Dalam salah satu kunjungan kami ke Kebun Binatang Ragunan, kami sudah mencari lokasi dimana kelak Kayyisha bisa terjun merawat hewan, yaitu di area nursery (dekat kandang Primata). Yang cukup menyenangkan buat Kayyisha yaitu manakala kami punya kesempatan untuk mengunjungi petting zoo.

Di petting zoo ini, anak-anak tidak hanya melihat hewan namun juga bisa menyentuh dan memberi makan mereka.

Ada beberapa petting zoo yang pernah kami kunjungi dan menyenangkan buat anak-anak.

 

  1. Brisbane Zoo

Di kebun binatang Brisbane, Australia ini anak-anak diberi kesempatan untuk memberi makan beberapa herbivora dan menyentuh mereka. Kayyisha dan Naufal sempat menyentuh kanguru dan koala.

Kedua binatang ini termasuk wild animals yang sebetulnya cukup riskan untuk disentuh karena ada beberapa laporan hewan-hewan ini (terutama kanguru) menyerang manusia. Jadi ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan.

petting-zoo

  1. Emerald Showground

Ini merupakan event tahunan kota Emerald yang menampilkan banyak permainan dan pertunjukkan yang melibatkan hewan. Ada beberapa hewan yang bisa disentuh anak-anak, seperti guinea pig (marmut) dan babi. Ya, babi-babi ini sungguh lucu karena dipakaikan baju.

Hanya memang, anak-anak tidak diperkenankan menyentuh mereka. Jadi mereka hanya sempat menyentuh marmut.

  1. GoldCoast Seaworld

Usai menonton pertunjukkan lumba-lumba, Kayyisha dan Naufal mendapat kesempatan untuk berfoto dan menyentuh lumba-lumbanya. Di Ancol, kami malah belum pernah melihat pertunjukkan lumba-lumba ;p.

seaworld goldcoast

  1. Sydney Aquarium

Di salah satu area di sydney aquarium (yang bentuknya mirip Seaworld Indonesia) ada area petting zoo-nya, dimana anak-anak bisa menyentuh kura-kura dan baby shark.

sydney aquarium

  1. Taman Safari Indonesia

Di sini cukup banyak area dimana anak-anak bisa menyentuh hewan, seperti gajah, burung, ular dan beberapa hewan lainnya.

taman safari indonesia

  1. Bintaro Mini Farm

Di Bintaro Mini Farm anak-anak bisa menyentuh lobster air tawar, landak mini, kura-kura, kelinci.

bintaro mini farm

  1. Kebun Binatang Ragunan

Di kebun binatang Ragunan, ada area dimana anak-anak bisa berinteraksi dengan binatang lewat sentuhan.

8. Lactasari Mini Farm

Lactasari Mini Farm merupakan petting zoo kecil di atas mall Parisj van Java Bandung. Disini anak-anak bisa memberi susu botol pada kambing, memberi makan kelinci, marmut dan sapi.



9. Pulau Kembang di Barito Kuala

Kalau teman-teman traveling ke Banjarmasin Kalimantan Selatan, dan mengunjungi tepian Sungai Barito akan bertemu dengan pasar terapung. Di sana, sekitar 30 menit perjalanan menggunakan perahu, akan tiba ke sebuah pulau kecil di tengan Sungai Barito yang amat lebar. Pulau ini bernama Pulau Kembang, yang dipenuhi dengan sekawanan monyet.

Memang, kita tidak bisa memegang monyet-monyet ini. Tapi ketika mengunjungi pulai tersebut, Kayyisha senang sekali dan sama sekali tidak takut. Padahal usianya saat itu baru sekitar 3 tahun.

10. Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali

Dari Nusa Dua, kita bisa berperahu dan mengunjungi pulau yang dijadikan tempat penangkaran penyu. Selain penyu, di sini anak-anak pernah berfoto bersama ular dan aneka burung.

tanjung benoa

11. Farm House Lembang

Farm House merupakan salah satu destinasi wisata kekinian di Lembang Bandung. Di sana ada satu area dimana anak-anak bisa memberi makan hewan seperti kelinci dan kambing.

12. Tahu Susu Lembang

Tidak hanya menikmati tahu susu yang enak banget, di sini ada sebuah taman kelinci yang memiliki aneka spesies kelinci yang ramah kalau didekati anak-anak. Kita boleh menggendong dan memberi makan wortel.

tahu susu lembang

13. Taman Kelinci Ciwidey

Seperti di Rumah Makan Tahu Susu, di Ciwidey juga ada taman kelinci yang jauuuh lebih luas dan cantik sekali. Koleksi kelincinya amat banyak dan diperjualbelikan. Anak-anak bisa bermain dan berkejaran bersama kelinci sambil memberi makan wortel dan dedaunan.

taman kelinci ciwidey

14. Batu Secret Zoo

Selain koleksi satwa yang sangat beragam dan penataan kebun binatang yang cantik, di Batu Secret Zoo Jawa Timur memiliki area petting zoo dan bagian dimana anak-anak bisa berfoto bersama hewan. Meski, untuk bagian berfoto bersama hewan ini saya sempat curiga, binturong dan cheetah yang berfoto bersama pengunjung ini diberi obat-obatan sedatif. Karena mereka selalu dalam kondisi tertidur.

batu secret zoo

15. Kebun Raya Bogor

Di Kebun Raya, anak-anak bisa menyentuh rusa lho. Mereka ternyata jinak dan suka didekati meskipun hanya dari balik pagar.

kebun raya bogor

 

Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat bagi pecinta hewan untuk berinteraksi dengan hewan piaraan lucu yang bisa disentuh (petting zoo) yang belum saya cantumkan di sini. Dalam aktifitas ini, Kayyisha selalu yang paling excited.

Dalam salah satu bucket listnya tahun ini, dia ingin menjadi salah satu penyelamat kucing dan bergabung bersama komunitas pecinta kucing.

Oya, berikut salah satu video perjalanan anak-anak ke Lactasari Mini Farm Bandung:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.